Tuesday, July 9, 2013

Alergi oh Alergi, Jangan Dekat-dekat Padaku Lagi Ya!

Diposkan oleh Chitra Lisyalaras di 7:30:00 AM

Menurut Wikipedia, alergi adalah kegagalan kekebalan tubuh di mana tubuh seseorang menjadi hipersensitif dalam bereaksi secara imunologi terhadap bahan-bahan yang umumnya imunogenik (antigenik) atau dikatakan orang yang bersangkutan bersifat atopik

Kalo gak salah, sewaktu tahun 2008 an, pas lagi kuliah S1, saya pernah cabut gigi. Setelah cabut gigi, seperti biasa dokter ngasih obat antibiotik dan obat buat nahan nyeri. Ternyata, kira-kira 1 jam setelah minum obat itu, mata saya langsung bengkak-benTkak gedeeeeeee banget, gatel-gatel pula, muka udah kayak monster deh pokoknya.huwaaaaaa  x_x akhirnya, gara-gara tu gatel-gatel n bengkak, saya pergi ke dokter buat periksa, dan kata dokter tersebut, saya kena alergi antibiotik, dan obat antibiotik dari dr. gigi pun berhenti diminum, sembuh deh tu alergi.

Dari semenjak itu, kayaknya ga pernah lagi deh ngalamin alergi parah sampe bulan april 2013. Pernah sih beberapa kali, tapi kayaknya pas bengkak langsung sembuh gapake lama. 

Tapiiiii ternyata eh ternyata, pas Bulan Mei 2013, tepatnya pas abis nikahan, saya ngerasain kalo mata kiri saya itu bengkak. Saya kira itu bengkak gara-gara keseringan nangis, u know lah kalo udah siraman, nikahan pasti banyak nangis saking terharunya. Tapi, setelah semalem tidur, ternyata tu bengkak ga ilang, jadi pikiran beralih kemungkinan karena infeksi, tapi infeksi biasa aja. Terus, pas H+2 setelah nikah, saya dan suami pergi honeymoon ke Singapura sama Thailand, nah selama honeymoon itu si mata kiri makin bengkak kira-kira seminggu kali yah, akhirnya setelah itu agak kempes dan mayan sembuh. eh taunya pas pulang ke Indonesia giliran mata kanan yang kena T_T Akhirnya saya ga tahan dan pergi ke dokter umum di RSU Ujungberung, karena deket rumah :p Tu kata dokter dibilangin gw cuman kena virus gara-gara kekebalan tubuh m=nurun, trus dikasih obat, dan pesen biar sering dikompres, nanti juga ilang sendiri.

H+2 setelah ke dokter, saya harus balik ke Balikpapan buat kembali ke rutinitas, tapi tu bengkak masih ada, dan yang herannya ninggalin benjolan kayak bintit, yang kemudian tu bintit ga pecah kayak kasus pada umumnya, tapi malah ada kayak benjolan keras yang membatu, tapi gak sakit karena udah ga bengkak lagi. akhirnya, saya pergi lagi ke dokter spesialis mata di RS Pertamina Balikpapan yang nauzubillah antriannya. Disitu dibilangin kalo saya kena alergi, dan disuruh mulai ngehindarin makanan seperti TELUR, COKLAT, KACANG, KEJU. Itu kan makanan enak semua yaaaT_T D*mn banget kaaan, berarti alergi saya kambuh lagi,,apa tandanya alergi? Dokter bilang sih karena nyerang kedua mata, makanya sebabnya adalah alergi, tapi kalo nyerang cuma 1 mata, berarti infeksi biasa. akhirnya tu dokter ngasih obat tetes plus obat antibiotik merk Cataflam. Tapi, si dokter pesen, kalo ga kempes-kempes, minggu depan disuruh balik lagi buat operasi kecil, huwaaaaaa T_T

Setelah itu, seperti biasa sesuai anjuran dokter coba minum tu obat dan tetesin obat tetes. Dan u know what ketika saya minum si Cataflam itu? ada serangan alergi lagi T_T rempong sumpah..Seminggu setelah itu saya gajadi dateng ke RS Pertamina buat operasi, karena tu hari pas libur nasional dan dr. praktek matanya tutup T_T

Akhirnya, karena merasa rempong dengan jadwal praktek dr. mata rumah sakit pertamina, saya pindah ke RS Siloam Balikpapan yang jamnya lebih fleksibel. Diperiksa lagi, dan dokter nyaranin hal yang sama: operasi T_T tapi dia nawarin pake obat dulu sih, dikasih salep merk Gentamicin dan disuruh nunggu perkembangannya sampei 2 minggu. sembari pengobatan dari dokter, saya coba juga obat alternatif hasil dari mouth to mouth temen2, kayak pake bawang putih, sirih, tapi gada hasilnya. Hiks :(

Ternyata, setelah 2 minggu 2 benjolan kecil di kelopak mata kiri dan 2 benjolan besar di mata kanan ga sembuh juga, dan akhirnya mestilah operasi T_T Pas mau operasi rasanya pengen kabur, huhuhuhuhu. Ditemenin suami yang khusus terbang dari Cilegon ke Balikpapan buat nemenin, akhirnya mulailah saya disuruh baring, mata diolesin kaya sejenis betadine, kemudian dikasih obat tetes, kemudian disuntik di sekitar kelopak mata, bios lokal ceritanya. setelah itu kelopak mata dibalik, dan mulailah kelopak mata bagian dalem dikorek2 buat diambil benjolannya. Mata diperban deh selama 2 jam, Operasi kayak gini cuma sekitar 10 menitan sih, harga di kwitansi Rp450.000, itu mahal apa murah yaaaaa?

Yang jelas temen-temen, kalo kalian udah ngerasain bengkak mata, jangan anggap sepele ya, sebisa mungkin dicegah atau diobati sedini mungkin lah. ada cara-cara yang ampuh nyembuhin bengkak dalam tahap dini berdasarkan cerita orang-orang, hehe:
1. Kompres 10 menit, sehari 4 kali.
2. Kelopak mata dioles-oles pake bawang putih.
3. Kompres mata pake campuran air garam dan air panas, air panasnya dikiiiiiit, garamnya lebih banyak.
4. Rebus daun sirih, trus pake airnya buat cuci mata.
5. Daun sirih disetrika, kemudian ditempelkan ke mata.

Jadi, ayo jaga kesehatan mata kita yaaaa :)

Oia, buat area Balikpapan dan sekitarnya, ini ada jadwal dr. praktek di 2 rumah sakit pilihan di Balikpapan

1. Praktek Dr. mata RS Pertamina Balikpapan
    Selasa dan Kamis, 14.00-16.00 WITA
2. PRaktek Dr. Mata Siloam Hospital
    Senin s.d. Sabtu, 08.00-13.00 WITA

Jauh yah perbedaannya? :p




2 komentar:

Jumaryani said...

Saya sudah 2x minum obat antibiotik yang berbeda dan tempo yang sangat jauh waktunya dan pasti bengkak di mata sebelah kanan. Terimakasih infonya ya sist, kebetulan juga saya tinggal di kota Balikpapan.

Chitra Lisyalaras said...

Sama-sama, kembali kasih. Semoga cepat sembuh :)

Post a Comment

 

duniachitra Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review