Friday, March 13, 2015

Seputar Dunia Per-Softlens-an

Diposkan oleh Chitra Lisyalaras di 1:10:00 AM
Zaman SD – SMP, saya anti banget sama kaca mata, dan anti sama orang yang berkaca mata. Bukan dalam maksud tidak mau berteman sama yang berkaca mata, hanya saja saya pasti sedikit bergumam “kok bisa sih orang ini pake kaca mata”. Terus nih, dulu waktu sekitar tahun 1999-2000, booming banget nih serial Mandarin Putri Huan Zhu, disitu saya ngefans banget sama Tommy Su/ Alec Su, si pemeran Wu A Ke Yung Chi, eh tapi terus saya baca di tabloid kalo si Tommy Su itu punya mata minus 3, saya jadi ilfil, haha.

Pas kelas 3 SMP, Riza, temen sebangku saya, tiba-tiba memakai kaca mata, hmmm entahlah tepatnya minus 0.25 atau minus 0.5, saya lupa. Kemudian, saat pelajaran computer, kita hijrah ke lab computer, tapi sayangnya waktu itu saya sama Riza duduk paling belakang T_T. Trus entah kenapa waktu itu saya tiba-tiba bilang ama Riza “Za, cobain kaca mata dong, pengen tau gimana sih rasanya pake kaca mata”, trus saya pake lah kaca mata Riza, dan hasilnya adalah “YA AMPUN PAKE KACA MATA RIZA KO JADI JELAS SIH TULISAN DI PAPAN TULIS ”.

Nah, dari saat itu saya sadar kalo mata saya itu minus, tapi tetep aja denial dan ga pake kaca mata. Sampai akhirnya pas kelas 2 SMA gak tahan lagi, karena tulisan-tulisan di white board udah burem. Terpaksa deh pake kaca mata, itu pun dipake pas belajar aja, kalo ga belajar mah lepas. Tapi akhirnya mata makin burem jadi harus pake kaca mata terus T_T Kualat kali ya saya T_T

Bosen dan kadang ribet kalo pake kaca mata, pada tahun 2009-an saya coba pake alternatiF lain, yaitu pake softlens. Here there are softlens-softlens yang pernah saya pakai:

Softlens ‘Gatau Merk Nya Apa’
Waktu mau beli softlens, Mamah bilang “Belinya di Optik Krida aja Teh”. Dari situ entah kenapa saya kesana, terus dengan polosnya bilang mau beli softlens minus. Karena minus mata kanan kiri saya beda, jadi saya direkomendasikan buat beli suatu softlens, jangka waktunya 1 tahun, dan tersedia dari berbagai macam warna, entahlah merknya apa ya :s Walaupun mata kanan kiri kita beda, softlens itu bisa beli sepasang ajah. So far so good sih pake softlens ini, total udah 4 kali kalo ga salah beli softlens ini.

Softlens Avaira (Made in Europe)
Softlens ini biasanya saya beli di Optik Melawai, rekomendasi dari teman, Dwinita Ayu Khrisendi. Menurut dia, pake softlens ini serasa gak pake softlens. Softlens ini bening, gada warnanya, jadi gakan merubah warna bola mata kita. Periode pake softlens ini adalah 1 bulan. 1 box harganya sekitar 250 rb – 300 rb, terdiri dari 6 softlens (3 pasang). So, buat kamu-kamu yang sama kayak saya a.k.a. minus mata kanan kiri beda, terpaksa harus beli 2 box. Rekeomendasi temen saya emang bener sih, selama ganti-ganti dunia per-softlens-an, saya rasa softlens Avaira ini best of the best.

Softlens Freshlook (Made in USA)
Bosen sama softlens yang bening pas pake Avaira, saya mulai mencari-cari softlens warna lagi. Karena di Balikpapan ini paling banter saya ke Optik Melawai, ya akhirnya beli ajah softlens warna yang ada di situ, akhirnya ketemulah sama Freshlook. Softlens ini terdiri dari berbagai macam warna. Periode softlens satu bulan. Harga 1 box (isi satu pasang ajah) sekitar Rp250.000, belom lagi kalo minus beda, harus beli 2 box kaaaan.  Lumayan mahal sih, hehe. Tapi yaaa terkadang harga gak bisa menipu. Softlens ini enak sih, walopun sebenernya saya kurang suka dengan gradasi warnanya, mencolok tapi ga mencolok, gimana yah, ya gitu deh, hihi. Trus pake softlens ini serasa ngebuat wajah menjadi serasa suram.

Softlens Newlook (Made in Australia)
Nah, ternyata di Optik Melawai juga tersedia softlens ini, tapi ga didisplay. Saya juga taunya pas nganter temen saya beli. Kayaknya sih si Newlook ini adeknya freshlook , wkwkwk. Softlens ini banyak warna juga, terdiri dari 3 jenis: Newlook wonder, playful, satu lagi lupa. Periode pake softlens 3 bulan. 1 box isinya 1 pasang (2softlens) dengan harga per box Cuma Rp80.000 aja. Murah kaaaan? Dari warna sebenernya menurut saya  lebih bagus new look ini dibanding freshlook. Cuma saya ga cocok pake softlens ini, kadang gatel n gebuat kering sampe pernah softlensnya tiba-tiba jatoh, haha.

Softlens Freshkon (Made in USA)
Ini salah satu softlens selevel Freshlook. Softlens ini dijual di Optik Seis. Harga sepasangnya Rp190.000-200.000an. Yah, memang agak mahal dengan periode yang cuma 1 bulan. Cuma, harga tidak menipu sodara-sodara. Saya rasa ini juga salah satu the best buat softlens warna. Si softlens tipis banget, nyaman di mata, warnanya bagus, dan menurut saya warna-waenanya lebih oke dibanding freshlook.

Softlens X2 Bio (Made in Korea)
Hmmm sering banget denger merk softlens X2, tapi awalnya ga pernah sekalipun coba. Daaaaaan softlens ini banyak banget jenisnya ampe bingung sendiri X_X. Sampei suatu ketika baca review di internet, kalo softlens yang bagus untuk mata sensitif katanya X2 Bio. Akhirnya, coba beli juga deh si X2 Bio. Dengan harga sekitar Rp90.000an sepasang untuk masa waktu 6 bulan, saya rasa julukan 'softlens untuk mata sensitif' layak diberikan ke X2 Bio ini.

Oiya, berikut beberapa hal yang harus dilakukan kalo kamu-kamu mau memakai softlens:
 Punya case tempat softlens, sebaiknya sebulan atau 2 bulan sekali diganti sih. Biasanya di toko-toko accesoris, atau di optic, banyak yang jual kok, dari yang polos, sampe yang lucu-lucu. Atau, biasanya ada merek pembersih softlens tertentu yang memberikan gratis casenya.
-  Punya cairan pembersih softlens. Pada saat ngebuka softlens dari mata, si softlens harus disimpan di dalam case dan direndam semaleman pake cairan softlens ini.
-   Bersihkan tangan sebelum memakai softlens.
-   Tetes mata (bila diperlukan)

Untuk pembersih softlens sendiri, banyak macemnya, harganya juga relatif sama, mengarah ke pasar monopolistic. Gada perbedaan berarti dari masing-masing pembersih. Saya sendiri sudah memakai bermacam-macam merk, dari Omega, Oxi five, Comple, dan Aquasoft.

Sekian sedikit cuplikan mengenai dunia persoftlensan dari saya. Semoga bermanfaat.

27 komentar:

Yolanda said...

Wah bermanfaat bgt tips2nya. Aku suka pakai oxi five sih cocok hehe.

Visit yaa :
yolanmoo.blogspot.co.id

Chitra Lisyalaras said...

Hehehe alhamdulillah kalo bermanfaat. Aku juga pernah sih pake oxi five. tapi sekali aja. Cocok-cocok aja sih :D

Unknown said...

makasih info nya berguna banget apalagi buat aku yg pemula pake softlens

Chitra Lisyalaras said...

Hehe alhamdulillah kalo bermanfaat. Good luck ya pake softlensnya.. Terima kasih sudah berkunjung :)

LaNnEe said...

Mba Citra,
makasih byk udah kasih input soal softlense.
jadi menurut mba paling enak dipake itu yang avaira ya selama ini?
kalau yang X2 bio gimana?
Makaasihh..

Chitra Lisyalaras said...

Avaira enak, tapi pernah sekali iritasi... Jadi kalo buat sekarang, aku sih lebih pilih X2 Bio, ga pernah sekalipun iritasi, hehe. Tapi beda-beda loh yaaaa tiap orang cocok-cocokkan. Tapi skrg aku udah pake X2 Bio permanen, ga pernah ganti-ganti lagi.

Good luck trial softlensnya yaaa Mba Lannee..

Makasih udah berkunjung di blogku :)

Nuraenyf said...

klo softlens new look di optik melawai itu asli gk sih? soalnya takut harga murah bngt takut knp2?
minta pencerahanya ya kk ;)

Chitra Lisyalaras said...

Hallo Nuraeny..
Waduh aku gatau yah kalo asli atau palsunya, tapi ya seenggaknya Optik Melawai kan optik gede yah, ga mungkin jual barang abal-abal, hehe..

Oia, terkadang mahal murahnya softlens ga jaminan juga buat jadi cocok atau enggaknya di mata kita. Tergantung kecocokkan terhadap masing-masing mata kok. Sekarang aku pake softlens yang harganya medium karena emang itu yang cocok, pernah kok pake softlens yang harganya mahal tapi ga cocok :))

Keep trying ya :)

Unknown said...

Hallo kaa... aku mau cerita, kan aku baru pemula make softlens, pertama kali pake softlens aku make yg X2 bio nah awalnya kayak agak keganjel tp kata penjualnya awal" emg agak ngeganjel tp lama" engga. Nah aku beli softlens ini buat acara wisuda gitu, tp pas lama" dipake masih berasa ngeganjel gitu klo msh ngerasa ngeganjel gitu karna blm cocok atau gmna ya ka?

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Chitra Lisyalaras said...

Haloo Indah.. Kerasa ganjelnya lama ya? Kalo awal2 emang kadang agak ganjel yah karena mungkin belum biasa. Tapi kalo ganjel terus-terusan mungkin kamu ga cocok sama softlensnya. Saran aku sih beli softlens merk lain aja, trus bandingkan pas make x2 bio sama softlens lain itu. Tapi yah softlens itu emang cocok-cocokkan sih, emang mesti trial error. Selamat coba softlens lain yaaa :)

Unknown said...

kak kalo air untuk softlens sm air untuk mata itu beda apa sama?

Unknown said...

kak kalo air untuk softlens sm air untuk mata itu beda apa sama?

Unknown said...

kak kalo air untuk softlens sm air untuk mata itu beda apa sama?

Unknown said...

kak kalo air untuk softlens sm air untuk mata itu beda apa sama?

Chitra Lisyalaras said...

Halo Devinta, setauku air untuk softlens sama air untuk mata itu beda.
Aku kurang paham, tapi kalo ga salah, fungsinya pun berbeda. Air untuk softlens itu khusus buat ngebersihin softlensnya, jadi dia mnghilangkan kuman-kuman dan bakteri atau entahlah benda apapun yang menempel di softlens. Nah, kalo tetes mata itu fusngsinya biar mata ga kering pas pake softlens :)

Unknown said...

thanks banget ya Chitra udah share pengalaman dan pengetahuan,ini sangat membantu saat ini saya juga lagi nyari2 info ttg pemakaian soflens,keseharian saya sih pakai kacamata -1 hanya ingin saat pesta atau momen2 tertentu pakai softlens perna sekali pakai soflance rekoment dari melaway Freshlook -1 tapi koq rasanya buram dan gak nyaman apa gak cocok atau krn gak biasa ya ??? skarang mau coba beli lagi nih krn ada acara pengantin,pengen tampil tanpa kacmata,search info aq ada dapat rekomen merk Omega, ada yang perna pakai gak ??share dong pengalamannya,saya juga pengen nyoba x2-bio cocok gak ya....... oh iya mau share ya selama pake soft lens itu nyaman banget matanya kalau di semprot pakai Nanospray loh,,,jadi aman bgt krn nanospray hanya mengunakan air. itu pengalaman pribadi aq dan udah banyak testimoni yang sama.yang mau share ttg nanospray/soflance bisa langsung hub aq ya,,,pengen berbagi info. Wa :081242600996. Thanks ya Citra,,,,maaf critaku puanjangg bgtt nih,,,,

ac said...

Kak, makasih infonya sangat membantu. Oiya beli softlens X2 bio dimana ya? Apa di optik melawai ada??

Chitra Lisyalaras said...

Halo Ayu, maafkan baru bales ya. Softlens X2 ga ada sih kalo di Optik Melawai, tapi di Optik2 lain di mall biasanya ada :)

Unknown said...

Kalo beli x2 di optik mana ya??

Unknown said...

ka kalo obat tetes softlens itu sama kaya pembersihnya juga ?

Chitra Lisyalaras said...

Beda say antara obat tetes sama pembersihnya.Kalo si obat tetes itu lebih mahal dan ukurannya lebih kecil T_T Tanya aja say sama optiknya kalo mau beli, :)

uphaphi said...

haii kak citra.. pernah ada pengalaman iritasi gara2 softlens gak ya? gejalanya gmn ik? trus dikasi obat apa ya? thx

Chitra Lisyalaras said...

Halo Uphaphi, pernah gak yah, kayaknya pernah sih, hehe.. Kalo iritasi mata merah atau gatel pernah beberapa kali sih, tapi kalo yang parah banget ga pernah sih. Paling ya kalo pas pake softlens, trus udah kerasa ganjel, ga enak, dll, cepetan lepas aja softlensnya, itu doang sih, hehe.

arie said...

Halo kak Citra thank's buat review softlensnya. Aku pengen coba lagi nih pake softlens. Terakhir kali aku pake acu*ue yang oasis pas pertama pake baik baik aja. Setelah kedua kalinya pake mataku panas pedih ga karuan. Aku pikir kotor tapi pas coba lagi sama aja. Jadi selama beberapa waktu takut buat nyoba pake lagi. #curcol. Tapi rencana besok emang mau nyoba beli X2 (itu juga dibilangin temen kampus katanya bagus bgt). Rencana beli sih soalnya ada acara yang kayanya emang bagusnya pake softlens. Duh semoga aja aku kaya kakak ya bisa sejodoh sama itu softlens

Chitra Lisyalaras said...

HAllo Annisha.Gimana cocok gak pake X2? hehe.

Abdi Patria said...

Baca juga artikel saya ini tips memilih cairan softlens

Post a Comment

 

duniachitra Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review