Friday, February 14, 2014

Menyontek, Menjiplak, dll dll

Diposkan oleh Chitra Lisyalaras di 5:18:00 PM

Have u ever heard about nyontek? contek? menyontek? contekkan? mencontek? pasti semua orang udah tau sih kata-kata itu apa. Btw, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), menyontek itu berasal dari kata "sontek" looooh, bukan "contek". Penting dan wajib buat guehhh untuk melihat kata-kata baku versus non baku di KBBI, berhubung kerjaan gw yang berhubungan dengan pembuatan prosa, jadi biar ga dikomen orang kalo kata-kata gw ga baku. Kalo ga percaya kata yang baku adalah sontek, cari aja sendiri di KBBI :p 

So, karena berasal dari kata sontek, jadi kata-kata imbuhan dari hasil kata sontek yang bener kira-kira adalah:
1. Kata benda untuk orang yang melakukan -> Penyontek.
2. Kata benda hasil sontek -> Sontekan
3. Kata kerja -> Menyontek
Kenapa menyontek dan bukan mencontek? atau kenapa bukan pemcontek atau penyontek? Harap inget, di pelajaran Bahasa Indonesia itu ada kata-kata yang mengalami peleburan, yaitu kata-kata dasar yang diawali dengan huruf K, T, P,S. Jadi misalkan:
K: Kulit -> menguliti
T: Tepi -> menepi
P: Peluk -> Memeluk
S: Sapu -> Menyapu
Jadi kata-kata itu melebur, tapi pengecualian buat kata Mengkaji. Well, gw disni bukan ahli bahasa jadi gakan ngomongin tentang proses absorbsi atau adopsi pembentukkan kata. Back to topic menyontek deh. Tapi niiih, karena gw bukan lagi nulis kerjaan gw yang notabene nya harus pake bahasa baku, gw tetep bakalan pake kata contek, yang lebih lazim aja, haha.

Hmmm dalam hidup gw, gw baru liat aktivitas menyontek pas ada di SD. ya berhubung gw di TK cuma nyanyi, tepuk-tepuk, gambar, gunting kertas, bikin mozaik, mewarnai, belom ada ujiannye, wkwk. Di SD, pernah gw ketemu ama orang yang nyontek mulu, kalo ga dikasih nyontek nangis, haha. Di SMP, makin banyak lagi, nyontek tugas, nyontek ulangan, bahkan nyontek bikin cerita pendek. DI SMA, udah makin parah, nyontek tugas, nyontek ulangan, nyontek hasil penelitian praktikum. Di kuliah, ga ketulungan, nyontek tugas, nyontek kuis, nyontek paper. Di dunia kerja, gw spechless, banyak orang nyontek terselubung, ga kuat gw liatnya.

Setiap orang pun punya tipe beda-beda, ada yang udah kebiasaan nyontek, ada yang suka ngasih hasil contekan, atau ada pula yang gamau ngasih contekan. Gw tipe mana ya? Yang jelas, gw bete banget sih kalo liat orang-orang yang suka nyontek. Gw juga ga suci ya dari nyontek. Cuma gw nyontek kalo gw bener-bener ga bisa atas tugas, lupa ngerjain tugas, dan kalo ujian sih gw jarang nyontek. Orang tua gw selalu ngajarin kalo gw harus belajar, berdoa, dan percaya pada kemampuan diri sendiri. 

Faktanya, kita ini manusia sempurna, dikasih akal dan pikiran sama Allah. kalo nyontek jadi kebiasaan, berarti gak menghargai dan gak percaya atas apa anugrah yang dikasih Allah. Sama aja juga lah sama gak percaya sama kemampuan diri sendiri.

Apa coba kerugian nyontek?
1. Orang yang nyontek ga tau apa yang namanya berusaha dan menggantungkan sesuatu hal sama orang lain. Bukannya orang normal itu pengennya apa-apa ga bergantung sama orang yah?
2. Kasian orang yang dicontekkin. Dia bisa menderita tekanan batin.
3. Nama baik jadi jelek, kamu bisa dicap sebagai penyontek.
4. Dosa, karena kamu udah berbohong. Berbohong sama diri sendiri, orang tua, keluarga, bahkan sama Allah, karena hasil itu bukan hasil sendiri, tapi hasil contekan,

Sekarang, apa sih coba untungnya nyontek? oke, mungkin nilai orang yang nyontek jadi tinggi, bahkan biasanya lebih tinggi dari orang yang dicontekkin (believe or not, tapi ini pasti sering kejadian, haha). Tapi ga pernahkah mikir, pencontek itu udah ngambil sesuatu dr orang lain? dan suatu saat akan ada balasan dari Allah yang mungkin diambil lebih dari apa yang udah kita ambil. Pokoknya kan apa yang kita petik itu adalah hasil dari apa yang kita lakukan kan yaaaaaaa.

Gitu deh pokoknya, jadi yah enyahlah semua orang yang sering mencontek dari muka bumi ini demi keuntungan pribadi karena dia males -________-

pengecualian: nyontek yang berguna dan buat kemakmuran masyarakat banyak. Misal: nyontek bikin pesawat, nyontek bikin hape dr negara lain, nyontek bikin mobil bhan bakar air, dll dll.


0 komentar:

Post a Comment

 

duniachitra Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review