Tuesday, October 20, 2015

Klaim Kendaraan Pake Asuransi Gara-gara Nabrak

Diposkan oleh Chitra Lisyalaras di 12:02:00 AM
Sekitar 3 minggu yang lalu, surprise banget seseorang dari masa lalu tiba-tiba ngechat. Ngechatnya pagi-pagi pula, saat saya baru beres mandi sebelum pergi kerja. Isinya adalah:

Dia (D): “Chitra, sorry ganggu. I had a dream about U last night. Is everything okay? Soalna ujug-ujug.”
Saya (S): “N then? Mimpi apa?”
D: “Mimpinya Chitra the minta dianterin pulang. Duka kamana tah. Dibonceng we naek motor. Tiap ditanya the Cuma senyum aje”.
S: “Haaa jadi sieun. Ah sudahlah hanya bunga tidur kaaan. Im okay.”
D: “Heuheu. It was surprising coz I wasn’t thinking about u”.

Kaget ga siiiiih…tiba2 ada orang yang ngechat gitu. Dan pikiran saya takutnya adalah pulang ke rahmatulloh, haduuuh saya korban sinetron kali yah, yang kepikirannya mimpi itu adalah firasat buruk, heuheu. Dan tau ga sih abis itu saya berangkat ngantor pake mobil takut banget, takut kecelakaan, wkwk. Trus seharian saya kepikiran dooong mikirin mimpi si orang itu, hedeh. Pas pulang nyetir mobil pun ternyata saya baik-baik aja. Tapiiiii pas mau parker di kosan, yang notabene kosan baru, saya ga hapal kalo di ujung kiri ada lubang, saya terlalu kiri dan mobil matic dalam posisi ngegas, abis lah pokoknya. Bagian kiri mobil bared semua dan penyok, heuheu. Dan mungkin itulah arti mimpi orang itu ya T_T
Tapi kali ini saya gakan ngomongin primbon mimpi sih, ga ahli juga, wkwkwk. Dan ingatlah yaaaa mimpi itu hanya bunga tidur. :D Kali ini, saya akan ngomongin tentang tata cara klaim asuransi kendaraan.

Jadi teman-teman, asuransi kendaraan secara umum terbagi menjadi 2. Yang pertama, Total Loss Only (TLO), dalam hal ini, biaya akan diganti asuransi kalau mobil itu hilang, misalkan dicuri. Nah, kalo yang kedua itu all risk, dalam hal ini, selain risiko mobil hilang, asuransi juga akan mengganti biaya yang lainnya, misalkan mobil nabrak dan penyok ataupun baret dikit, ketika dibawa ke bengkel, biaya perbaikannya ya bisa dibayar asuransi :D So jangan lupa ya temen-temen, buat kalian yang punya kendaraan, jangan lupa buat asuransiin deh. Buat yang udah jago berkendara, mungkin bisa aja pilih asuransinya TLO aja, Tapi, karena saya bergolongan darah A, saya sih bakal milih all risk aja deh, biar hidup tenang. Wkwkwk. Ya walaupun konsekuensinya biaya premi all risk akan lebih besar dari TLO yaaa,,tapi percaya deh, pake all risk gak merugikan banget.

Nah, pas mobil saya baret-baret n penyok itu, saya langsung panikkk dooong, cuma agak tenang juga pas nyadar kalo saya punya asuransi all risk dari Asuransi Tripakarta. Cuma yang bingung kan saya belum pernah berpengalaman klaim asuransi gara-gara nabrak begindang. Berhubung pas saya nabrak itu malem-malem, ya saya pending deh nelepon Tripa-nya, besok lagi aja deh.

So, ini dia langkah-langkah yang harus dilakukan kalo mau klaim asuransi:
1. Telepon asuransinya. Bilang kalo mau klaim. Kalo dalam kasus saya sih, saya disuruh dateng ke tempat asuransinya. Oia, inget yaaaa, kalo mau klaim itu pastikan masih dalam range 3 x 24 jam, kalo misalnya lebih dari batasan itu, bisa jadi klaimnya ga berlaku.
2. Datengin asuransi. Nanti isi formulir klaim. Disitu nanti ada kronologis kejadiannya. Oia, harus dilampiri sama fotokopi SIM dan STNK.
3. Nanti petugas asuransi akan surevei mobil kita, nandain mana-mana aja bagian mobil kita yang perlu direpair atau diganti.
4. Asuransi punya beberapa benegkel rekanan. Nanti kita disuruh pilih mau pake bengkel yang mana. Kalo bingung, Tanya aja ama asuransinya benegkel yang biasanya bagus dan agak cepet yang mana.
5. Mobil bisa dimasukkin ke bengkel. Terserah mekanismenya. Mau kita ke bengkel sendiri kek, apa minta tolong dijemput. Bebas-bebas wae.
6.  Mobil dibenerin. Nunggu kabar bengkel/asuransi.
7. Begitu mobil udah jadi, kita tinggal ngambil mobilnya. Bayar Rp300.000 per kejadian. Beres dehhhh…

Gampang bukaaaaan? Hehehehe… Yang jelas sih saya ngerasa untung banget. Dengan baret dan penyok banyak banget, saya Cuma bayar Rp300ribu, itu untungnya all risk, hehe. Tapi ya semoga ini pertama dan terakhir kalinya saya berurusan sama klaim asuransi (baca: nabrak menabrak), heuheu… Makasih buat Ibu Wiwid dan Mas Fariz dari Asuransi Tripakarta yang udah welcome banget melayani customer, hihihihi…

Sekian yaaa ceritanya.

Cheers.
Chitra.

0 komentar:

Post a Comment

 

duniachitra Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review