Tuesday, November 3, 2015

Sekelumit Kontrol Intern (Auditor)

Diposkan oleh Chitra Lisyalaras di 6:50:00 AM
Tau gak? Waktu tanggal 28 Oktober 2015, saya dapet SK Mutasi, prokprokprok. Hihihihi.. Akhirrrnyaaaaa setelah penantian panjang sekitar 4,5 tahun di Balikpapan, akhirnya saya mutasi juga ke Jakarta. Sangat lumayan sekali, gausah bayar mahal ongkos sama jarak LDR 1.200 km sama suami menjadi 100 km aja, Alhamdulillah.

Oia, selain saya hijrah antar kota, ternyata saya hijrah juga kerjaanya. Dari sejenis kontrol intern atau auditor, sekarang jadi analis kepatuhan. Jobdesk saya sebagai analis kepatuhan adalah membuat analisa atas Suspicious Transaction Report (STR) a.k.a. Transaksi Keuangan Mencurigakan yang tertangkap system atau alert untuk seluruh cabang under wilayah Jakarta senayan. Dan di hari pertama saya narik data, ada 500ribu alert STR, wkwkwkwk.

Tapi saya gakan ngebicarain kerjaan saya yang baru. Saya ingin buat testimonial kerjaan lama saya T_T yaitu sebagai control intern atau internal audit. Kalian sih pasti kalo ngedenger audit itu pasti langsung terjudge dengan “nyebelin”, “ngeribetin”, “nyusahin”, “rese”, “kerjaannya cuma nyari kesalahan”, “kerjaannya gampang, gitu2 aja”, dan sederet kejelekkan lainnya T_T

Saya sih Cuma pengen bilang kalo auditor juga manusia T_T. Sekitar 4 tahun lebih jadi kontrol intern banyak kenangannya. Boleh ya saya kasih testimonial tentang gimana jadi auditor.

Gambaran jadi auditor.
-   Kerjaannya ga gampang. Sumpah deh pernah bĂȘte banget, waktu ada orang bilang “Mba, enak banget yah kerjaannya, Cuma duduk, trus gajinya 10 juta”, yaudah saya bales aja “Gaji gueeeeh 20 juta keleuuuuus”, abis bĂȘte banget. Lo kira kerjaan auditor gampang apa? Auditor itu menghasilkan kerjaan dari A-Z sendiri, dari mulai data ga ada, minta dan cari data sendiri, ngolah data sendiri, mikir trus nyari temuan sendiri, trus nuangin ke tulisan sendiri, luar biasa kaaaaaan.
-       Kalo kita lagi duduk, itu artinya kita lagi konsentrasi. Ya masa juga lagi ngetik sambil berdiri T_T
-     Nyusun laporan seperti nyusun skripsi. Harus full mikir. Aslinya deh kalo ga konsentrasi dan ga mood ya wassalam.
-    Kerjaan auditor itu semuanya bisa dipending, ga seperti teller yang harus ngebuku saat itu juga. Jadi disini kita harus pinter-pinter dalam manajemen waktu.
-       Harus sering baca dan ngerti ketentuan, muyek.
-      Telepon kantor dan handphone krang kring. Maksudnya ditelepon unit, gara-gara sering ditanyain tentang hal yang aneh-aneh dan mereka minta rekomendasi.
-     Daya adaptasi, komunikasi haruslah tinggi. Karena kita dituntut untuk kenal semua orang dan tentu saja tidak terlepas dari ngobrol dan diskusi. Malu kan cuy kalo kita tong kosong nyaring bunyinya.

Dampak (+)
-    Di area internal kantor, kenal banyak orang, asli! Kayaknya hampir semua orang di BNI Balikpapan ya saya kenal sih, kecuali OB, Satpam, sama driver yang banyak banget dan turnovernya tinggi, heuheu. Begitupun sebaliknya, siapa sih gitu yang gak kenal GUE, wkwkwk.
-    Kenal banyak orang di area eksternal. Maksud saya gini, ketika ada tamu eksternal, pasti salah satunya mereka cari control internnya juga. Kenalan dan wawasan bertambah deh!
-       Orang lumayan segen, ga banyak yang macem-macem.
-       Bisa jalan-jalan, nyobain nyebrang laut pake ferry, speed, hihihihi.
-       Lumayan banyak pelatihan dan sertifikasi.

Dampak (-)
-       Dimusuhin, dicuekkin, karena dianggap ngerempongin, mempersulit, dan cuma cari keslahan.
-       Kalo ga diperluin biasa, kalo lagi diperluin kita dikejar-kejar deh T_T
-       Rada ‘terkucil’, karena minoritas sih yaaaaa….
-   Kalo laporan udah jadi, alamaaaak terkadang nagih jawaban auditee itu lama banget, kadang mereka ga jawab T_T alesan filenya ilang lah apa lah, haha..

Ah ya gitudeh, udah dulu ya, tar kalo sempet diterusin dan diedit lagi. Udah ngantuk, wkwkwk. Yang jelas saya seneng sih terlepas dari kerjaan auditor, karena di lubuk hati terdalam, ga enak gitu deh meriksa kerjaan orang, :D Okeyyy mulai sekarang saya harus membiasakan menjadi auditee, bukan auditor lagi.

Cheers.

Chitra.

0 komentar:

Post a Comment

 

duniachitra Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review