Tuesday, July 4, 2017

Pengalaman USG Transvaginal

Diposkan oleh Chitra Lisyalaras di 6:33:00 PM
Saya memang belum punya anak, sudah menikah selama 4 tahun. Pastinya sih kuping saya udah gatel juga ngehadepin pertanyaan-pertanyaan:
“Kepan mau punya anaknya?”
“Kok belum isi juga?”
“Kok telat banget sih kesusul yang lain?”
“Mending resign aja supaya cepet punya anak”
Dan banyak lagi komen lain, yang Cuma saya bisa bales dengan senyumin aja.

Sebenernya ya niat juga sih pengen program hamil. Hanya saja ya saya sama suami kan LDR ya, jadi ya agak susah sih buat cari waktu yang pas. 2,5 tahun pertama saya sama suami LDR Balikpapan – Cilegon, ya wassalam deh. Sekarang sih Alhamdulillah hanya LDR Jakarta – Cilegon, tapi tetep aja sih ada Pe-Er, perjuangan dari Cilegon ke Jakarta aja udah lumayan, trus kita juga kan pengen istirahat, pengen jalan-jalan dan quality time, ditambah lagi kita ngerasa dokter-dokter di Bandung yang lebih nyaman, jadinya yam akin banyak Pe-Er lagi jalanan Cilegon – Jakarta – Bandung, yang paling berat sih arus baliknya, huhu.

Browsing tentang program kehamilan pun udah beberapa kali dan cukup sering saya lakukan kok. Baca test-test yang harus dilakukan bikin merinding sih, bulu kuduk jadi berdiri, termasuk salah satunya ketakutan saya tentang USG Transvaginal, haha. Tapi yah emang kali yah, karena ketakutan itu saya sendiri, saya pun malah jadi mengalaminya, 2 kali pula, wkwk.

USG Transvaginal sendiri secara simpelnya adalah teknik melihat bagian organ reproduksi wanita, sama halnya seperti USG melalui perut sih, namun konon katanya USG Transvaginal ini dapat melihat lebih detail dibanding dengan USG di perut. Kalo USG perut cuma nempelin alatnya di perut, nah kalo USG Transvaginal ini adalah memasukkan alat ke Miss V kita. >.<

Pengalaman pertama saya, adalah waktu saya dinyatakan hamil. Kantung janin pas di USG perut tidak terlihat, sehingga dokter memutuskan untuk USG Transvaginal. Langsung saya panas dingin deh, tapi waktu itu ya pasrah aja dan berhubung perut udah sakit banget yowislah. Waktu itu si dokter Cuma bilang “Memang tidak nyaman, tapi tidak sakit kok”. Yowislah akhirnya USG Transvaginal pun dilakukan, dan saya bisa melewatinya ternyata, sesuatu sekali yah, huhu. Jadi nanti dimasukkin alat ke Miss V, nah si alatnya itu kayaknya dilapisi gel dan sejenis kaya kondom gitu deh, biar licin dan bisa mudah masuk. Pas pertama dimasukkin sih saya juga ya ngerasa kalo saya ada perlawanan, dokter nyuruh rileks dan tarik nafas, ya Cuma itu deh yang bisa saya lakukan.

Pengalaman kedua, pas saya dinyatakan keguguran. Dokter langsung nyuruh USG Transvaginal, hiyaks deh langsung panas dingin lagi. Tapi ya berhubung udah punya pengalaman pertama, yaaa sayaaa…tetep takut juga, haha. Tapi y pasrah aja dan akhirnya kelalui juga.

Durasi untuk USG Transvaginal ini cukup singkat sih, mungkin sekitar 3 menit yah. Cuma waktu yang pengalaman pertama sih kayaknya agak lama, karena dokter sibuk nyari kantung janin.

So, buat kalian-kalian yang mau USG Trnasvaginal, gausah takut deh (ngomong emang gampang, hehe). Siapin mental aja sih, berdoa, serileks mungkin, dan tarik napas.

Okeh okeh? 

0 komentar:

Post a Comment

 

duniachitra Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review