Wednesday, August 2, 2017

Momentum Berjilbab

Diposkan oleh Chitra Lisyalaras di 6:47:00 AM
Jujur, tanpa buka buku ataupun buka google, saya gak tau apa perbedaan antara hijab, jilbab, kerudung, dan kata-kata lain yang sejenis. Pokonya ya saya hanya tau kalo ada dua jenis tipe cewe, yaitu yang berpenutup kepala dan satu lagi yang tidak, hihi pis. Maafkan atas keterbatasan ilmu pengetahuan saya :D

Ayah dan Ibu selalu mengajarkan saya untuk taat bberagama. Beliau berdua selalu mengingatkan shalat. Saya juga selalu dituntut untuk mengaji setiap hari sewaktu kecil, yang saya rasakan sungguh bermanfaat pada saat ini, yah walaupun ilmu saya masih jauh, tapi ya saya pribadi merasa ngaji saya lumayan lancar dengan mengetahui tajwidnya. Tapi ya orang tua saya ga pernah membahas dan tidak pernah memaksa anaknya untuk berjilbab. 

Sebagai orang muslim, sebenernya  saya tau kalo setiap muslimah  harus menutup aurat. Hanya muka dan telapak tangan kan yang bukan aurat bagi wanita? Pas SD sungguh saya gak kepikiran untuk pake jilbab, toh di sekolah saya yang notabenenya sekolah negeri nampaknya memang tidak ada yang memakai jilbab. Begitupun pas SMP, saya gak kepikiran juga buat pake jilbab. Sekolah saat SMP pun di sekolah negeri, mungkin yang memakai jilbab dalam satu angkatan yang jumlahnya 400 orang ya hanya 10 orang yang memakai jilbab. Sewaktu SMA, saya mulai beberapa kali memakai jilbab walaupun terpaksa hehe. Sekolah SMA saya memang sekolah negeri, hanya saja berazaskan Imtaq, yes Iman dan Taqwa. Ada kewajiban untuk memakai jilbab pada saat hari Jumat, which is seragam batik hari Jumat kami berlengan panjang, kemudian wajib memakai jilbab apabila mata pelajaran agama berlangsung. Eh ada satu lagi moment lagi ding, saya pake jilbab kalo lagi males nyisir dan lagi mengalami bad hair day. Ampuni saya yang dulu Ya Allah T_T

Memasuki bangku kuliah, saya kuliah di universitas negeri juga. Sebenernya pada saat itu saya semakin sadar bahwa jilbab itu wajib dan saya mulai dilema untuk memakainya atau tidak. Ya hanya saja namanya juga masih abege yaaa, kuliah adalah masa-masanya "memamerkan" baju, wkwk. Kalo orang Sunda sih bilang lagi meujeuhna. Waktu itu saya suka pake atasan lengan pendek, dress, dan baju-baju lucu gitu deh, jadi pikiran untuk memakai jilbab saya kesampingkan dulu, hehe. Oia, pas jadi mahasiswa baru kan ada kegiatan mentoring di luar jam kuliah. Nah, kebetulan saya dapet kaka pembimbing yang menurut saya agak "ekstrim". Setiap pertemuan mentoring yang dilakukan seminggu sekali, pasti ada sesi bahasan "Apa yang akan terjadi bila tidak memakai jilbab", sampei-sampei saya dan teman-teman sekelompok yang (mayoritas) belum berjilbab agak trauma bila mau mentoring, pasti kita janjian dulu, sms an (waktu itu belum ada WA atau BBM) dengan membahas "Mau mentoring ga? Duh pasti nansi si Teteh nyepet (nyindir) kita lagi deh karena kita belum pake jilbab", wkwk. Kalo dipikir-pikir ya sebenernya maksud si Teteh baik ya, mengingatkan kita untuk segera memakai jilbab. :D Oia, di genggong kuliah saya, kan 3 orang tuh, cuma saya yang gak pake jilbab, kadang suka malu sendiri sih heuheu.

Naik tingkat lagi setelah kuliah, pas saat kerja. Saya semakin sadar sesadar-sadarnya kalo berjilbab itu wajib ga pake pengecualian. Cuma yaaa namanya juga awal-awal kerja yaaa, hobi banget deh saya pake rok pendek, dress, dan baju-baju cewe gitu deh, ya karena saya emang tipe cewe feminin sih kalo pake setelan kantor. Kalopun saya pake celana panjang, pasti temen-temen komen "tumbeeeeeen pake celana???"Kebiasaan itu berlanjut dari tahun pertama ngantor sampai tahun ke enam ngantor. heu. Oia kebetulan saya ngantor di industri perbankan, tau lah ya dandanannya kayak gimana hehe. Tapi ya selama saya bekerja, ternyata banyak teman-teman yang satu per satu mulai berjilbab, sampai saya sadar bahwa saya semakin malu karena saya belum berjilbab.

Satu hal yang bikin saya terbengong-bengong adalah ketika tahun 2014, ada temen kantor saya waktu di Balikpapan, seorang customer service, tiba-tiba bertransformasi dengan memakai jilbab. Saya kagum banget dan ga menyangka bahwa dia akan memakai jilbab. Suatu saat pas tempat kerja ngadain acara buka bersama bulan Ramadhan tahun 2014, mungkin itu momentum saya dikasih pra hidayah, halah. Saya kebetulan duduk bersebelahan dengan temen saya itu, kemudian entah kenapa saya iseng nanya. Terjadilah percakapan singkat antara Saya (S) dan Dia (D).
S: Mba, mau nanya? Kenapa Mba sekarang berjilbab?
D: Berjilbab itu kan wajib. Mau sekarang atau nanti ya sama aja wajib. Jadi ya kenapa ga dimulai dari sekarang aja.
S: Iya sih Mba, aku tuh suka dilema sih, udah mulai ngumpulin baju-baju panjang sih.
D: Aku malah pas hari pertama pake jilbab tu "gak punya baju loh", pas pulang kantor baru deh aku beli beberapa baju panjang.
Nah, kata-kata si temen kerja yang dibold itulah yang menohok banget dan ngerasa kena banget sih di hati dan pikiran saya, tsah. Bener sih saya udah mulai ngumpulin baju panjang, ngumpulin jilbab, tapi ya beli rok pendek dan beli dress teteeeeup ajah jalan >.<

Semenjak itu sih semakin galau ajah buat memutuskan pake jilbab apa engga. Dan sampailah pada saat bulan Juli 2015, pas libur akhir ramadhan menjelang idul fitri, saya mantep buat pake jilbab. Saat hari pertama masuk kantor setelah libur lebaran pun, saya makin mantep pake jilbab. Pada saat itu ya banyak yang kaget dan komen lah, dari komen "eh ada pegawai baru, kenalan dulu donk" sampei komen "kerasukan setan apa sampei bisa pake jilbab?" >.<

Setelah pake jilbab, ya saya berhenti beli baju-baju pendek, hehe. Niat sih emang penting yaaa, tapi ternyata action itu lebih penting. Maksud saya gini, waktu saya masih niat memakai jilbab dan berniat ngumpulin baju panjang, ternyata saya masih gabisa stop dan masih tergoda buat beli baju pendek. Tapi setelah saya take action buat mantep pake jilbab, ya ternyata saya bisa stop beli baju-baju pendek. Kesimpulannya, tindakan nyata lebih berarti daripada hanya niat :D

Ya begitulah cerita saya buat dapet momentum berjilbab. Sebenrnya mungkin jilbab saya masih jauh dari sempurna sih, saya masih sering juga pake atasan 3/4 atau 7/8 X_X. Tapi beneran deh, setelah say pake jilbab entah kenapa saya lebih tenang, tenang yang tidak bisa dijabarkan dengan kata-kata. Hanya orang yang sudah berjilbab yang pasti sudah merasakannya :D

Cheers.
Chitra.

2 komentar:

Post a Comment

 

duniachitra Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review