Wednesday, August 2, 2017

(Sedikit) Review Dokter Kandungan di Bandung dan Balikpapan

Diposkan oleh Chitra Lisyalaras di 8:06:00 AM
Sebelumnya mungkin saya harus minta maaf dulu, mungkin belum pantes buat nulis hal ini, karena masih sedikit pengalamannya. Tapi gakpapa lah ya namanya sharing, siapa tau berguna :D Saya memang belum pernah mengalami fase melahirkan, jadi ya pengalaman yang saya tulis ini hanya sebatas  cek kesehatan kandungan sampei keguguran tanpa kuret.

Dokter Kandungan di Balikpapan
Saya sebenernya kalo di Balikpapan cuma pernah ke satu dokter sih, hihi. Waktu itu ya hanya sekedar dua kali cek hal biasa aja sih. Saya dateng ke dr. Stella Patricia Yapari. Sebelum dateng konsul, saya emang sempet browsing dulu tentang dokter ini, trus beberapa temen kantor juga ada yang dokter kandungannya ya dr. Stella ini. Kebetulan rumah sakit favorit yang keukur antriannya kalo di Balikpapan versi saya di RS Siloam. Dua kali cek ke dr. Stella ini, saya ga niat dan dateng aja tiba-tiba ke Siloam, yang pertama pas hari kerja setelah jam kerja, yang kedua hari Sabtu pas sore-sore juga, dan jodohnya emang sama dr. Stella. Ada temen sih yang ngerasa kalo dr. Stella ini sangat kaku, kaya militer katanya XD. Tapi kalo saya sih so far so good sih. Dokternya suka senyum, penjelasannya enak, bisa curhat, kalo saya masih tinggal di Balikpapan dan dalam keadaan hamil, sangat mungkin sekali kalo saya mau pilih dr. Stella buat jadi SPOG pilihan saya.

Dokter Kandungan di Bandung
Sebenernya sih saya hanya pernah ke dua SPOG aja, hihi. Dua-duanya saya datengin pas lagi praktek di RS Santo Borromeus di daerah Dago. Inilah reviewnya:

1. dr. Elise Johana Knoch
Waktu itu kan pas masih dinyatakan hamil dan masih berstatus suspect abortus, semua praktek dokter kandungan udah tutup, maklum ya malem takbiran. Cuma waktu itu ada konsul suster ke dokternya, akhirnya saya pilih dr. Elise ini, karena jadwal praktek dokter ini di RS Borromeus ada hari Sabtunya. Nah, kebetulan sempet sekali kontrol dengan beliau, pada saat dinyatakan beneran abortus. Dokter Elise ini udah senior banget, antriannya gausah ditanya deh >.< Waktu itu saya dateng ke RS nya jam 10 an kali yah (emang kesiangan sih hihi), dapet nomer 33 gitu yaa (lupa pokonya antriannya bontot). Pas saya antri, kayaknya baru paseien nomor 2, karena dokternya abis ada tindakan operasi caesar katanya. Walhasil si gueh baru masuk sekitar jam setengah 4 sore kali ya, mungkin saya itu termasuk pasien lima terakhir, sungguh lelah nunggunya. Sebenernya dokternya sih baik, waktu itu juga becandain gitu setelah liat mimik muka saya pas tau kudu di USG Transvaginal, hihi. Kata temen kuliah saya yang pernah lahiran sama beliau, jahitan beliau juga rapi kok. Cuma ya mungkin pas meriksa saya, udah sore dan udah cape kali ya, jadinya dokternya cenderung ga banyak ngomong, harus kita nya yang banyak ngomong. Trus waktu itu saya disuruh kontrol lagi kan minggu depannya, tapi kebetulan dr. Elise nya cuti, dan beliau merekomendasikan saya untuk dateng ke dr. Maximus Mudjur Spog.

2. dr. Anna Ritonga
Nama lengkapnya dr. Anna Theresia Regina Ritonga, praktek di RS Borromeus juga. Ada dua temen kuliah saya, salah satunya temen segeng saya yang menyatakan cocok dengan dr. Anna ini. Pas tiba saatnya 1 minggu setelah kontrol dari dr. Elise, entah kenapa saya jadi pilih dr. Anna ini, dan tidak mengindahkan rekomendasi dr. Elise buat dateng ke dr. Maximus, hehe.Waktu itu saya dateng kontrol pas hari Kamis, kebetulan dokternya praktek mulai jam 9 pagi, tapi saya udah dateng dari jam 7 pagi, wkwk. Dapetlah saya nomor antrian no. 7. Dokternya on time dateng jam 9, dan ternyata si gueh dengan antrian nomor 7 masuknya jam setengah 11. Antriannya sama banyaknya sih sama dr. Elise wkwk. Malah, menurut suster yang tensi saya, dr. Anna lagi naik daun sih, antriannya sekarang paling banyak dibanding dokter lainnya katanya. Tapi yah antrian lama terbayarkan. Prolog dokternya oke, nyapa dengan ramah. Kemudian pas saya di USG Transvaginal (again, hattrick bok!), say akan takut banget, even udah ketiga kalinya ya, tapi dokternya ngajak ngobrol dengan santai, jadi sayanya juga santai dan ngerasa gak sakit sih. Dokternya juga komunikatif banget, jelasin secara detail, enak banget buat ngobrol. Gak banyak pantangan juga sih, yang penting makan yang sehat-sehat. Pokonya saya ngerasa cocok banget sama dr. Anna Ritonga ini. Kalo pas hamil lagi nanti (aamiin), nampaknya saya bakal pilih dr. Anna Ritonga ini. Oia, dokternya juga masih muda, cantik banget, mirip perpaduan Luna Maya sama Sabai Morscheck.hihi.

Cuma itu sih dua dokter yang pernah saya kunjungin hihi. Selama ini saya suka browsing-browsing juga sih tentang dokter-dokter kandungan yang ada di Bandung. Dan ini dia beberapa nama yang familiar di pikiran saya, tsah.

1. dr. Maximus Mudjur
Dokter ini antriannya banyak juga sih. Terkenal binggo dan udah senior. Katanya punya praktek sendiri juga tapi entah sih di daerah mana. Katanya dokter ini baek, pada saat konsul, beliau sering berpesan jangan lupa sama hal-hal spiritual yang mendekatkan kita sama Sang Maha Pencipta.

2. dr. Eddy Haswidi
Dokter ini juga udah senior, pengalamannya pasti banyak. Kayaknya gaada pemberitaan negatif sih di internet, hehe.

3. dr. Adrian A. Nanere
Setiap kontrol ke RS Borromeus, selalu kebetulan dokter ini lagi praktek juga. Nampaknya ga terlalu panjang antriannya. Browsing-browsing di web sih beliau orangnya ramah, gada pemberitaan negatif juga :D

4. dr. Aditya Muliakusumah
Dokternya masih muda, lumayan ganteng, wkwk. Nampaknya antriannya ga terlalu panjang juga. nampaknya beliau masih baru deh di RS Borromeus, baru praktek 2017 ini, CMIIW.

5. dr. Anna Fachruriah
Rekomendasi dari salah satu temen. prakteknya di RS Hermina, Katanya baik, komunikatif, menenangkan. Sempet sih pengen nyobain ke dr. Anna Fachruriah ini, cuma belum kesampean buat ke RS Hermina, udah keburu jatuh cinta sama RS Borromeus dan dr. Anna Ritonga, hehe.

6. dr. Udin Sabarudin
Dokter ini dokternya Mamah sayapas setiap kontrol dan pas ngelahirin adek saya di tahun 1996, hihi, udah senior yak berarti hihi. Katanya dokter ini juga dosen, jadi jelasin sesuatu itu detail dan terstruktur.

Udah dulu deh ya reviewnya, maaf banget inih kalo postingannya rada geje dan minim info yang didapet hehe. Tapi ya balik lagi sih pilih dokter itu kan cocok-cocokkan yah. Pilih aja sesuai hatimu, halah.

Cheers.
Chitra.

7 komentar:

Unknown said...

klo disamarinda ada namanya dokter fernando.... recommend bgt...istriku 2 kali sdh sm dokter ini.. dokternya supel enak diajak konsultasi. pokoke mantap...buat mbak citra sukses aja ya...apa yg diinginkan cpt dikabulkan

Chitra Lisyalaras said...

Aamiin makasih ya Mas Yeyen, doa yang sama buat Mas Yeyen ya, semoga semua yang diharapkan Mas Yeyen + Mba Ika + anak2 terkabul yaaa... o:) Salam buat keluarga di Balikpapan.

Fiola said...

Sis mau nanya kalo sama dokter Anna diminta tes darah gak? Di usia hamil berapa bulan?

Chitra Lisyalaras said...

Hallo Sist Fiola, waktu itu usia kandunganku 1,5 bulan. Gak diminta tes darah sih sama Dokter Anna, mungkin karena aku udah jelas ya karena kecapean dan faktor makanan. Tapi gatau juga sih, mungkin ditanya aja kalo tar ke dokter diperlukan apa enggak test darah tersebut, karena setau aku test darah tersebut lumayan ya biayanya hehe.

Fiola said...

Sis skr masi ke dokter Anna? Sis tau kalo dokter Anna praktek rumahny dimana? Soalny di boromeus praktekny pagi smw ya hehe

Chitra Lisyalaras said...

Aku sih semenjak keguguran Bulan Juni kemarin belum kontrol lagi, tapi pasti kalo hamil lagi aku mau ke dr. Anna. Wehehe aku gatau sih rumahnya, tapi kalo mau cari alternatif lain, coba aja ke RS Santo Yusuf Mba Fiola, soalnya kata suster yang di Borromeus, dr. Anna juga praktek di RS Santo Yusuf. :)

Fiola said...

Oh mba keguguran... Stay strong ya... Makasih infonya ya mba

Post a Comment

 

duniachitra Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review