Tuesday, March 17, 2015

Housewife VS Working Mom

Diposkan oleh Chitra Lisyalaras di 10:46:00 PM
Sebelumnya, mohon maaf ya..ini hanya pendapat pribadi berdasarkan pengalaman saja. :D

Akhir-akhir ini saya sering melihat posting-posting di sosmed, tentang perdebatan antara housewife versus working mom. Hmmm, sebenernya mungkin saja tema ini sudah menjadi perdebatan dari dulu. Hanya saja saya baru sadar, karena mungkin saat inilah berada di masa-masa memasuki masa "emak-emak". Heuheu.

Setiap pendapat memang beragam. Ada yang setuju dengan working mom, dan ada pula yang setuju kalo perempuan itu harusnya jadi ibu rumah tangga saja. Tapi, dari beberapa postingan, saya lihat lebih banyak yang memojokkan working mom. Disebutkan kalo menjadi working mom itu banyak negatifnya, tidak bisa melihat tumbuh kembang anak, mengorbankan anak demi hal duniawi lah, dan efek negatif lainnya. Dan saya kurang setuju sih kalo ada yang bilang working mom itu jelek.

Saya sendiri merupakan hasil produk working mom. Ya, kedua orang tua saya bekerja. Mamah saya bekerja di sebuah perusahaan BUMN, yang mengharuskannya kerja full day, dari pagi sampe sore. Dari kecil, saya memang suka heran melihat perbedaan saya dan teman-teman, bahkan beberapa hal tersebut membuat saya sedih, yaitu:
- Kalo saya dan teman samper-samperan. Saya lihat beberapa teman saya belum mandi. Tapi saya sudah rapi duluan. Karena saya sudah dimandiin mamah jam 5 bo, haha. Menjadi working mom mengharuskan mamah saya memandikan saya pagi-pagi tentunya.
- Mengalami masa-masa ganti pembantu, entah udah berapa kali ganti pembantu. Ada pembantu yang kerja 2 hari doang gara-gara borangan (penakut), ada yang kalo ngasih makan siang sama saya, gak kira-kira banyaknya, bahkan seinget saya, ada juga pembantu yang pas dia pengen pulang, eh dia malah mintnah saya, katanya saya suka bentak-bentak. Yang ada saya kali yang dibentak sama dia -__-
- Waktu TK, saya selalu dianter sama Nenek, ga ada juga bekel makanan masakkan mamah. Semua bekel saya dibeli dari tukang kue di TK Kemala Bhayangkari 16 Cimahi, Mang Oleh. Duh, apa kabar yah si emang sekarang.
- Pas masih SD, sodara-sodara yang lagi nganggur sibuk ditawarin apakah mau ngejaga saya apa engga, heuheu. Selain nenek dari bapak dan Mamah, ada juga Teh Lilis, Teh Ida, Teh Neng, A Ado. A Ended, dan yang laennya. heuheu. Pernah juga dititipin di adeknya Nenek, cuma saya gamau lanjut, karena ada kucing juga, heuheu. I'm scared because of cat.Yaaa gitu deh pokonya, sampei pas kelas 3 SD, akhirnya saya tinggal sendirian di rumah, tanda ada yang ngejaga :D
- Kalo pas bagi raport dan bukan hari Sabtu, pasti datengnya telat, haha. 
- Ada 1 ruangan di rumah yang isinya adalah baju bersih yang belom disetrika, haha.

Yaaa begitulah pokoknya. Tapi tahukah kamu? Saya bangga punya Mamah seorang working mom. Mamah emang jarang masak. Kadang saya juga bosen sarapan nasi kuning, makannya telor nugget terus, haha. Tapi saya sangat suka masakan Mamah kalo masak udang goreng, ikan bandeng, sayur asem. Oia, saya juga ga begitu suka opor, saya cuma suka makan opor kalo opornya buatan Mamah ataupun Nenek. Dan kuah opornya harus warna kuning yaaa :D

Oiya, tau gak? pas psikotest, nilai kemandirian saya tinggi banget loh, di angka 9 dari skala 10. Mungkin salah satunya akibat produk working mom. Jadinya saya terbiasa apa-apa sendiri. Dulu abis pulang sekolah ya saya nyuci baju sama nyuci piring, ngepel, bersih-bersih. Tapi sayangnya sekarang saya malas mengerjakan itu semua, haha.

Walaupun Mamah saya kerja, beliau selalu gak lupa untuk ngajar saya. Dulu emang Mamah agak keras sih ngajarnya, dan turun langsung pas ngajar saya. Oia, tiap saya ada ulanagan umu, pasti salah satu dari orang tua saya cuti dooong, biar bisa khusus ngegembleng,a wakakakak. Bayangkan, capek sepulang kerja, tetep aja Mamah 'maksa' saya buat ngerjain PR dan ngaji. Thats why ngaji saya kebilang lancar, setidaknya saya tahu tajwid-tajwid, trus lumayan berprestasi di sekolah. Dan saya cukup berbangga karena walaupun Mamah saya  ga punya banyak waktu ngajar buat saya, tapi anaknya hebat kan bisa ranking 1 B-)

Ya gitudeh. Seinget saya, saya tidak pernah menunjukkan rasa keberatan atas Mamah saya yang menjalani peran sebagai working mom. Saya tetep ngerasa disayang, tetep merasa selalu dijaga, tetep bisa belajar dengan baik. Gaada penolakkan sih dari diri saya.

Sekarang, saya juga wanita karier, memang sih belum dikasih kesempatan buat hamil dan melahirkan. Semoga segera yaaa ^_^ Dan sampei saat ini jujur aja sih saya pengennya jadi working mom, walau terkadang pengen juga jadi full time mommy. Semoga aja nanti anak saya bisa bersikap seperti saya, yaitu gak keberatan kalo mommy nya kerja, hehe.

Yang pasti, baik working mom maupun housewife sih sama-sama punya nilai yang bagus di mata saya. Yang jelas, sebagai anak, jangan menuntut keras Ibu kita untuk tidak bekerja. Jangan egois juga. Emang ga kasian yaaaa? Pas anak-anak udah sekolah, udah mulai beranjak besar. Ibu jadinya ditinggal-tinggal di rumah sendiri. Ga kasian?

2 komentar:

Puti Manira said...

Halo salam kenal, menurut sy working mom itu adalah pilihan sah sah saja krn quality itu lebih baik, yg penting bgmn hub kita dg anak meski sehariharinya harus bekerja, biasanya nih buibu yg gak kerja tuh suka sirik sm working mom hehehe..

Semangat mom

Chitra Lisyalaras said...

Halo Mba Puti Manira salam kenal juga yaaa...:) Hehe iya betul, semua pilihan sah-sah aja. HEhe gitu ya suka sirik?
Wkwk. Yang aku ga suka sih emang kalo ada yang nyinyirin working mom, yaudahlah ya tiap orang berbeda, punya kebutuhan masing-masing, dst dst hehe.

Post a Comment

 

duniachitra Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review