Saturday, June 4, 2011

Alter Ego

Diposkan oleh Chitra Lisyalaras di 6:38:00 AM

Reblog notes facebook, 23 Desember 2009

Gak tau kenapa, malem ini tiba-tiba jadi terflashback pada kurun waktu sekitar 11 tahun-an yang lalu, yaaa sekitaran taun 1998an.. Waktu itu, saya masih SD, tapi suka banget nonton sinetron, hahaha... Satu sinetron yang suka saya tonton kalo gak salah judulnya Janji Hati, tokoh-tokohnya ada Arnetta (Dian Nitami), Taufan (Ary Wibowo), Rivai (Adjie Massaid). Arnetta ini menikah dengan Taufan, tetapi sebelum nikah ama Taufan, dia terlebih dahulu nikah sama Rivai, tapi bercerai. Kenapa mereka bercerai? Pada saat pacaran sih mereka bahagia, awal-awal pernikahan pun begitu, tetapi lama-lama rivai selalu melakukan tindakan kekerasan terhadap Arnetta, dan tingkahnya itu hanya terjadi pada saat-saat tertentu.. akhirnya Arnetta pun meminta cerai karena setelah diselidiki, Rivai itu menderita kepribadian ganda/pemecahan kepribadian/alter ego.

Oia, sinetron Janji Hati in merupakan adaptasi dari dua novel karya Mira W, yang judulnya Deviasi dan Delusi. Tapi disini, saya gak akan membicarakan cerita sinetronnya, hahaha, tapi lumayan juga yah, 11 tahun berlalu, saya masih ingat secuil cerita sinetron tersebut.

Back to alter ego...
Menurut wikipedia, kepribadian ganda/pemecahan kepribadian/alter ego adalah suatu keadaan di mana kepribadian individu terpecah sehingga muncul kepribadian yang lain. Kepribadian itu biasanya merupakan ekspresi dari kepribadian utama yang muncul karena pribadi utama tidak dapat mewujudkan hal yang ingin dilakukannya. Dalam bahasa yang lebih sederhana dapat dikatakan bahwa ada satu orang yang memiliki pribadi lebih dari satu atau memiliki dua pribadi sekaligus. Kadang si penderita tidak tau bahwa ia memiliki kepribadian ganda, dua pribadi yang ada dalam satu tubuh ini juga tidak saling mengenal dan lebih parah lagi kadang-kadang dua pribadi ini saling bertolak belakang sifatnya.

Tiap orang itu, mendefinisikan dan memahami sesuatu itu pastinya berbeda-beda...
Kadang-kadang, entah mengapa saya mempunyai secuil sifat alter ego... Gak secara mutlak juga sihhh..
Apalagi katanya, orang libra (baca:saya) biasanya sangat plinplan..
Dan saya pun merasa seperti itu...
Kemudian saya merasa bahwa plinplan bisa dianalogikan segbagai kepribadian ganda, hahaha...

Kadang-kadang saya bisa sering menangis, kadang-kadang saya bisa menjadi orang yang kejam sekali...
Kadang-kadang saya bisa ramah tamah, tapi gak jarang pula saya ketus..
Kadang-kadang saya bisa appreciate sama orang lain, tapi kadang-kadang bisa juga menghujat orang..

Ataupun, mungkin sekedar karier...
Plan A: Saya ingin sekolah setinggi-tingginya, pergi ke luar negeri dan keliling dunia, pengen punya banyak uang agar saya bisa membeli segalanya dan memiliki segalanya, pengen mempunyai jabatan yang tinggi dalam karier...

Tapi, kadang-kadang juga saya hanya ingin melakukan hal lain
Plan B: sekolah gak usah tinggi-tinggi karena capek mikir terus, bekerja asal cukup untuk kehidupan sehari-hari, menikah dengan orang yang saya cintai dan tentunya mencintai saya, kemudian menjadi ibu rumah tangga saja, menikmati kehidupan dengan anak-anak, yang selalu ada ketika anak tumbuh, menyuapi makan, atau bahkan sekedar membungkuskan kado ulang tahun untuk anak saat ada temannya yang berulang tahun, pasti menyenangkan sekaliii :)

Ataupun, ketika saya dihadapkan pada pilihan hidup tinggal di kota mana..
Plan C: Saya ingin hidup di kota besar yang semua fasilitas tersedia, bisa mengikuti dan sering berbelanja dress-dress wanita feminin yang sangat saya sukai, menonton film bioskop terbaru, mengetahui teknologi terbaru, dan lain-lain...

Tapi, kadang-kadang terbesit juga hal lain..
Plan D: Hidup di desa yang jauh dari keramaian, sebagai contoh, adalah desa yang saya tinggali waktu KKN, Desa Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi...
Jikalau saya menjadi warga disana, sudah dipastikan bahwa kehidupan sehari-hari saya hanya berkutat seputar belanja ke warung si uwa, memasak, kemudian pergi mengajar di SD Jaringao sampai siang hari, dan sisanya menikmati bersosialisi dengan warga desa^_^
PAsti menyenangkan sekali, hidup tenang jauh dari hiruk pikuk kota, pedulia amat dengan yang namanya teknologi, pokonya hidup bahagia dengan suami yang mungkin seorang guru juga, hahahahaha...

Heu, udah mulai ngacapruk...
Begini mungkin menjadi orang Libra, mempunyai sifat dan pikiran yang kadang bertolak belakang...
Kadang-kadang bahaya juga punya kepribadian ganda (baca:plinplan), bisa membuat kita gak punya pendirian..dan bisa gak fokus mencapai tujuan,heuheu...
Gakpapalah punya "kepribadian ganda" juga, asal kepribadian gandanya gak kayak Rivai, hahaha...

0 komentar:

Post a Comment

 

duniachitra Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review